Resep Makanan

Resep Masakan Telur Balado yang Mudah Kamu Buat

Telur Balado sumber: google.com

Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana langkah mudah membuat masakan lewat resep masakan telur balado. Untuk diketahui, sambal balado adalah sambal andalan masyarakat Indonesia tidak hanya untuk telur, tapi seringkali juga untuk masakan lainnya. Jika anda termasuk yang suka masakan pedas yang menantang, masakan ini benar-benar untuk Anda. Siap pelajari? Catat dan simak langkah-langkah dibawah ini ya!

Bahan-bahan:

– 6 Telur rebus kenyal
– 6 sdm minyak goreng

Giling bahan-bahan dibawah menjadi pasta:

– 10 cabe merah keriting
– 4 bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 2 tomat
– 1 sdm gula
– 2 sdt garam

Langkah-langkah

  1. Panaskan minyak goreng di panci penggorengan, goreng telur hingga kulitnya gosong sedikit. Angkat telur goreng dari penggorengan.
  2. Tinggalkan kira-kira 2 sendok makan minyak di penggorengan, buang sisanya. Goreng bumbu pasta sampai harum, sekitar 3-5 menit. Sesuaikan garam dan gula yang diperlukan.
  3. Kembalikan telur ke penggorengan dan masak sampai cairan agak berkurang. Matikan api dan sajikan panas atau pada suhu kamar.

[BONUS] Resep Telur Balado Variasi Langkah membuat Telur Puyuh Balado

10 cabai direbus keriting merah dan 1 cabai hijau selama 5 menit. Lalu 4 bawang merah dan 2 bawang putih goreng.

20 telur puyuh goreng sampai berwarna kecoklatan, tumbuk bawang putih dan cabai yang barusan anda rebus.

Sebelum tumbuk, hilangkan tangkainya dan kemudian tumis dengan 3 sendok makan minyak goreng.

Tambahkan 1 daun salam, tambahkan 1/4 sendok teh garam (secukupnya) dan tambahkan 2 daun jeruk parut

Jika Anda suka Anda bisa menambahkan tomat. Terakhir, tambahkan telur puyuh telah digoreng.

Resep Masakan Telur Balado dengan Telur Goreng

Goreng lima telur dengan 3 sendok makan Minyak Sayur.

Tambahkan 8 sendok makan Chilli Paste (sesuai selera), masukkan juga 4 Bawang merah, 2 siung bawang putih (diblender)

Siapkan 1 bawang, 1 sdm Pasta ‘Udang Panggang’, tambahkan juga 1 sdm Asam (Tamarind).

Lalu berikan rasa yang stabil dengan garam dan gula. Selesailah resep masakan telur balado dengan telur puyuh. 🙂

Membuat Sambal Balado untuk Masakan Apa Saja

Balado adalah sambal yang paling sering dan banyak dikenal oleh orang Indonesia. Itu karena jenis sambal ini bisa dipakai untuk jenis masakan apapun, bahkan untuk cocolan sekalipun.

Balado bisa dicampur dengan telur rebus atau goreng seperti di atas, tahu, seafood dan sayuran (lalapan). Pada resep diatas, sudah dibahas resep masakan telur balado.

Jadi tipe sambal seperti ini sangatlah membantu menambah rasa masakan, terutama untuk para Ibu rumah tangga di Indonesia. Karna dengan satu jenis sambal, kita hampir bisa membuat variasi masakan apapun!

Apa yang bisa lebih menyenangkan dari itu? 🙂

Saus sambal ini biasanya diturunkan dari generasi ke generasi, kadangkala para keturunan menambahkan sedikit bumbu, tapi sebenarnya bahan dasar utama adalah; bawang, cabai keriting, tomat, yang dicampur bersama denga gula dan garam.

Bahan-bahan:

– 8 bawang merah ukuran sedang
– 2 siung bawang putih
– 150gr cabai
– 5 buah Cabai hijau
– 1 buah tomat besar, potong kotak-kotak
– 2 lembar daun jeruk purut
– 2 lembar daun serai
– 2 cm kunyit, kupas
– 2-3 sdt Canola Oil
– 3 sdt air
– 1 sdt Gula
– 1 sdt garam

BACA JUGA:   Langkah-langkah Membuat Telur Kecap yang Praktis dan Tetap Enak

Langkah-langkah:

1. Haluskan; bawang merah, cabe merah, cabe hijau, bawang, kunyit dengan blender hingga menjadi pasta kental
2. Pipihkan daun serai (bagian bawah) untuk mendapatkan harum lebih banyak saat dipakai memasak
3. Di penggorengan, campurkan minyak canola ke dalam pasta sambal. Aduk kira-kira satu menit.
4. Tambahkan daun jeruk purut dan serai, aduk hingga muncul aroma.
5. Masukkan tomat kotak-kotak, tambahkan air, gula dan garam
6. Aduk terus dengan api sedang, sampai tomat berubah bentuk dan air menguap.
7. Cicipi, anda bisa juga tambahkan gula dan garam secukupnya
8. Angkat lalu hidangkan.

Sambal Balado punya rasa yang khas, rasa segar dari tomat, manis dari gula, ‘tendangan’ pedas dari cabainya dan aroma jeruk purut serta serai.

Anda bisa tambahkan rasa sesuai selera dengan bahan tambahan lain, asalkan bahan dasarnya tidak diubah.


Bagaimana Cara Memilih Cabe Merah Terbaik

Cabe Merah yang baik, adalah cabe merah yang bentuknya baik pula. Kulit mereka kencang dan tidak keriting, serta batang mereka sgear dan hijau.

Pada resep masakan telur balado di atas, kita telah pilih cabe merah sesuai kriteria tersebut.

Perhatikan jika cabe Anda memiliki area cekung, garis-garis miring atau bercak hitam. Kecuali bagi jalapeños, yang kadang memiliki retakan dangkal pada bagian akhir batang, sedangkan cabe merah harus memiliki batang yang tidak retak.

Loading...

Cabe merah kering yang bagus, haruslah memiliki kulit yang mengkilap dan tidak rusak (sedikit keriting tidak apa-apa), tidak berdebu atau terfragmentasi.

Dapatkah Makanan Pedas Meningkatkan Kesehatan?

Sebagian dari kita tidak bisa membayangkan makan tanpa adanya cabe merah dalam dosis tinggi. 😀

Cabai telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad. Di laboratorium dan studi hewan, mereka telah menunjukkan sifat anti-kanker, anti-inflamasi, anti-pembekuan dan menurunkan tekanan darah.

Dan dalam studi pada manusia, mereka telah terbukti berguna untuk mengurangi denyut istirahat jantung, menurunkan kadar insulin, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan memiliki efek menguntungkan pada kolesterol dan gula darah.

Meskipun begitu, ini tidak berarti mereka akan mencegah kanker, diabetes, hipertensi atau penyakit lainnya.

Bantuan Penurun Berat badan yang Hot?

Beberapa penelitian, pada hewan dan manusia, menunjukkan bahwa capsaicin dan senyawa capsaicin-terkait yang ada dalam cabai dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak dan mengekang nafsu makan.

Misalnya, sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009 menemukan kehilangan lemak perut yang agak lebih banyak pada orang-orang overweight yang mengkonsumsi dosis besar zat capsaicin terkait dalam kapsul selama 12 minggu, dibandingkan dengan orang-orang yang mengambil plasebo.

Bagaimana dengan jumlah cabai lebih moderat yang orang biasanya makan? Dalam sebuah studi 2011 pada pemuda kurus, diterbitkan dalam Fisiologi dan perilaku, mengkonsumsi cabai pada makanan memberikan dampak pada penguragan asupan makanan dan kurangnya rasa lapar untuk makanan berlemak dan asin — meskipun hal ini terjadi hanya dalam orang-orang yang biasanya tidak makan makanan pedas.

BACA JUGA:   Langkah-langkah Membuat Telur Kecap yang Praktis dan Tetap Enak

Itu saja! Berbagai manfaat dari makanan pedas bisa jadi mereda karena konsumsi yang biasa. Dan efeknya mungkin tidak akan pernah cukup besar untuk memberikan penurunan berat badan yang signifikan.

Reaksi Perut

perut-sakit-makan-telur-balado

sumber: pixabay.com

Tidak mengherankan, makanan pedas dapat memicu masalah pencernaan. Secara khusus, capsaicin dapat meningkatkan rasa nyeri perut dan rasa terbakar pada orang dengan gangguan pencernaan atau Irritable Bowel Syndrome (IBS), menurut ulasan tahun 2010 dalam jurnal Neurogastroenterology dan motilitas.

Makanan pada resep masakan telur balado sebelumnya mungkin tidak terlalu cocok untuk Anda yang memiliki IBS ini. Baiknya hindari atau kurangi jika tidak bisa.

Studi secara konsisten belum menemukan bahwa makanan pedas memperburuk rasa nyeri perut pada orang dengan penyakit gastroesophageal refluks (GERD), meski begitu.

Banyak orang dengan GERD menyalahkan rasa mulas mereka pada makanan pedas — meskipun tidak ada bukti, menurut kajian tahun 2008 dalam Archives of Internal Medicine.

Menariknya, konsumsi secara teratur pada makanan yang mengandung capsaicin ternyata berpengaruh pada penurunan GERD dan gangguan pencernaan.

Dan di negara-negara Asia seperti Cina dan Thailand, di mana orang makan banyak makanan panas, prevalensi GERD benar-benar yang lebih rendah daripada di negara-negara di mana orang-orang mengkonsumsi makanan tersebut kurang sering.

Tentu saja, faktor-faktor lain selain pedasnya makanan mungkin juga terlibat.

Beragam studi berputar pada apakah makanan pedas meningkatkan risiko kanker esophagus. Meskipun beberapa studi di India dan Cina telah menemukan adanya keterkaitan, riset tahun 2010 dengan tema “Penyebab Kanker & Kontrolnya”, menunjukkan tidak.

Cabai sering disalahkan sebagai penyebab bisul, tetapi tidak ada bukti sama sekali berbahaya, bahkan yang terpanas sekalipun. Menariknya lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat melindungi bekas luka basah.

Intinya: Jika Anda suka dengan makanan pedas seperti beberapa yang disebutkan di atas, silahkan saja bahkan yang terpedas sekalipun. Tetapi jika Anda memiliki kondisi pencernaan, evaluasi menu diet Anda untuk melihat apakah makanan pedas mungkin menimbulkan atau memperburuk gejala Anda.

Jika ada faktor-faktor tertentu, Anda tidak perlu harus menghilangkan semua makanan pedas, tetapi Anda mungkin ingin setidaknya menu tersebut dikurangi. Sedangkan tentang klaim penurunan berat badan, efek cabe atau capsaicin pada nafsu makan dan membakar kalori, bahkan dengan dosis tambahan yang besar, adalah cenderung hanya mempengaruhi sedikit saja dan tidak tahan lama.

***

sumber:

– dailycookingquest.com
– berkeleywellness.com
– berkeleywellness.com (2)
– allrecipes.com
– elieslie.blogspot.co.id

Loading...

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.